Kamis, 25 April 2013

KONSTRUKSI DASAR MOTOR 4 TAK


Nama Bagian beserta Fungsi dari Motor 4 tak
1. Busi  
    Fungsinya untuk memercikkan bunga api yang akan digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.
2. Saluran Masuk
     Fungsinya sebagai saluran yang menghantarkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang bakar.
3. Katup Masuk/ katup hisap/ INTAKE valve
    Fungsinya Sebagai pintu Untuk Menutup atau Membuka Saluran Masuk
4. Saluran Buang 
    Fungsinya Sebagai Saluran yang menghantarkan gas sisa pembakaran dari ruang bakar menuju ke knalpot.
5. Katup Buang
    Sebagai pintu gerbang untuk membuka maupun menutup saluran buang
6. Kepala Silinder
    Sebagai Ruang bakar dan sebagai tempat komponen dari sistem pergerakan katup dan komponen yang lain.
7. Silinder
    Fungsinya Sebagai Tempat naik tUrunnya Piston dan juga sebagai Ruang kerja dari siklus 4 tak. selain juga sebagai penghantar panas dan sebagai pendingin.
8.  Ring Piston
    Fungsinya Sebagai Perapat Agar kompresi tidak bocor, agar oli tidak naik ke ruang bakar. dan Juga sebagai penghantar panas dari piston ke Silinder.
9.  Piston
    menerima dan melaksanakan proses kerja 4 tak mulai dari menerima tenaga ledak, mendorong gas sisa pembakaran, memvakumkan ruang bakar sehingga campuran bahan bakar dan udara  terhisap masuk ke ruang bakar dan melakukan langkah kompresi.
10. Setang piston
      Sebagai penghubung antara piston dan poros engkol sekaligus merubah gerakan naik turun menjadi gerakan memutar.
11. Poros engkol
      Sebagai pelontar, pemberat dan penyeimbang dan merubah gerakan naik turun menjadi gerakan memutar yang akan diteruskan ke sistem penerus tenaga.
12. calter/ crankcase
     sebagai tempat oli dan sebagai tempat dudukan dari berbagai komponen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar