Senin, 22 Februari 2016

MERAWAT AKI KERING


MERAWAT AKI KERING

Aki kering atau maintenant free perlu perawatan?? Yub betul, walau namanya maintenant free atau bahasa indonesianya bebas perawatan tetapi ternyata juga perlu perawatan.

Perawatan disini dimaksudkan agar aki kering tetap dalam performa optimal dan mempunyai umur panjang. Perawatan untuk aki kering sedikit berbeda bila disbanding dengan aki basah. Nah apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat aki kering.

1.       Konektor/ Terminal aki
Seperti diketahui aki mempunyai dua terminal, satu terminal positif dan yang satunya lagi adalah terminal negative. Seiring pemakaian kedua terminal ini kan berkarat atau malah terjadi  oksidasi di mana terminal timbul semacam bubuk putih. karat dan Oksidasii adalah dua hal yang biasa terjadi pada terminal aki. Hal ini mengakibatkan listrik yang masuk maupun keluar dari aki akan mendapatkan hambatan, sehingga aki tidak akan bekerja optimal. Selain itu juga akan mengganggu system pengisian aki. Yang perlu dilakukan adalah dengan membersihan kedua terminal tersebut. Pembersihan bisa menggunakan sikat kawat maupun memakai amplas. Amplas hingga bersih dan pastikan kabel terpasang dengan kencang.

2.       Mengecek Tegangan pengisian
Pengecekan tegangan pengisian memerlukan AVO meter. AVO diset untuk mengukur tegangan DC dengan maksimal pembacaan pada 50 DC Volt. Pasang kabel positif AVO ke terminal positif aki dan kabel negative AVO ke terminal negative aki. Nyalakan motor dan naikkan buka gas perlahan. Tegangan pengisian normal antara 12,4 Volt – 13,5 Volt.

3.       Pengecekan fisik Aki
Teliti fisik aki dari perubahan bentuk menjadi gembung, retak dll, selanjutnya membersihkan body aki.

Demikian trik cara merawat aki kering dimana untuk aki kering memang tidak diperlukan pengecekan dan penambahan air aki.
Trimakasih telah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kritik, saran dan masukan yang membangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar