MERAWAT
AKI KERING
Aki
kering atau maintenant free perlu perawatan?? Yub betul, walau namanya
maintenant free atau bahasa indonesianya bebas perawatan tetapi ternyata juga
perlu perawatan.
Perawatan
disini dimaksudkan agar aki kering tetap dalam performa optimal dan mempunyai
umur panjang. Perawatan untuk aki kering sedikit berbeda bila disbanding dengan
aki basah. Nah apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat aki kering.
1. Konektor/
Terminal aki
Seperti diketahui aki mempunyai dua
terminal, satu terminal positif dan yang satunya lagi adalah terminal negative.
Seiring pemakaian kedua terminal ini kan berkarat atau malah terjadi oksidasi di mana terminal timbul semacam bubuk
putih. karat dan Oksidasii adalah dua hal yang
biasa terjadi pada terminal aki. Hal ini mengakibatkan listrik yang masuk
maupun keluar dari aki akan mendapatkan hambatan, sehingga aki tidak akan
bekerja optimal. Selain itu juga akan mengganggu system pengisian aki. Yang
perlu dilakukan adalah dengan membersihan kedua terminal tersebut. Pembersihan
bisa menggunakan sikat kawat maupun memakai amplas. Amplas hingga bersih dan
pastikan kabel terpasang dengan kencang.
2. Mengecek
Tegangan pengisian
Pengecekan tegangan pengisian
memerlukan AVO meter. AVO diset untuk mengukur tegangan DC dengan maksimal
pembacaan pada 50 DC Volt. Pasang kabel positif AVO ke terminal positif aki dan
kabel negative AVO ke terminal negative aki. Nyalakan motor dan naikkan buka
gas perlahan. Tegangan pengisian normal antara 12,4 Volt – 13,5 Volt.
3. Pengecekan
fisik Aki
Teliti fisik aki dari perubahan bentuk
menjadi gembung, retak dll, selanjutnya membersihkan body aki.
Demikian
trik cara merawat aki kering dimana untuk aki kering memang tidak diperlukan
pengecekan dan penambahan air aki.
Trimakasih
telah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kritik, saran
dan masukan yang membangun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar